Tuesday 20 August 2013

If God Has Forsaken Me

Jaman-jaman pengangguran, seperti yang Mam Indri sudah bilang, waktu kami2 ini yang sedang liburan menanti kuliah, akan paling banyak dihabiskan dengan menonton.
atas dasar itulah, gw nonton banyaak film dan movie series kyk Grey's Anatomy, Bunheads, Law & Order SVU, film2 nya Leonardo DiCaprio, dan tak terkecuali Anime.
Di liburan ini gw nemu anime yang baguuus banget. Namanya Black Butler, atau Bahasa Jepangnya : Kuroshitsuji.
Anime ini sebenernya udah lama, sekitar tahun 2010 apa ya, dan gw baru tau sekarang. Padahal waktu SMP kelompok gw pernah presentasi agama tentang "Dosa", dan temen gw muterin cuplikan video dari anime ini. memang alur ceritanya berkaitan sih sama dosa.

Gw tidak terlalu mahir untuk menceritakan sinopsis, tapi kira-kira gini cerita singkatnya :

Namanya Ciel Phantomhive, usianya 13 tahun, latar ceritanya itu di London, Inggris, sekitar tahun 1800 sekian. Dia itu anak satu2nya, dan keluarga Phantomhive ini disebut "Queen's Guard Dog" karena melaksanan tugas2 gelap dibawah pemerintahan Queen Victoria. Suatu hari, mansion Phantomhive ini dibakar sama orang yang pingin musnahin keluarga Phantomhive, dan cuma Ciel yang masih hidup, padahal itu di hari ulang tahun dia. Entah gimana, karena udah ngga punya siapa-siapa dan apa-apa lagi, Ciel diincar sama banyak orang, dan dikasih cap di bagian punggungnya yang nandain kalo dia itu budak, dan dijadiin persembahan para pengikut2 agama ngga jelas yang mau manggil Iblis, dan itu caranya kejaam bgt.

Saat sekarat itulah, Ciel bikin kontrak sama Iblis tsb. Sebagai gantinya, kalo keinginan Ciel Phantomhive udah tersalurkan, jiwa dia bakal diambil sama si Iblis itu, alias ngga bisa ke surga sana, namanya Sebastian Michaelis. Keinginan Ciel itu, dia pingin membalas dendam sama orang-orang yang udah ngincer nyawa dia. Bukan demi orang tuanya yang udah meninggal, tapi demi dia sendiri.

Yang gw kagum dari cerita ini, bisa bikin anak kecil umur 13 yang dulunya ceria, polos, manja dan pemalu berubah 180 derajat jadi kejam seukuran pembunuh. Dia udah jadi kepala keluarga "Phantomhive" di umur segitu, terima perintah dari Ratu Inggris buat nyelesain kasus di sekitar Inggris meskipun dibantu sama Sebastian, iblis sekaligus butlernya (contohnya : kasus Jack the Ripper) . Dia ngga ngeluh dan pasrah sama keadaan, tapi tetep maju kedepan dan fighting meskipun dengan cara yang salah. Sebastian, si butlernya itu sebenernya perfect, kuat, dan bisa apaa aja, tapi itu semua ada tujuan tertentunya. Dia kayak begitu buat ngedapetin jiwanya Ciel. Namanya juga Iblis.

My Top 5 Quotes from Ciel :


Pain tends to heal as time passes, but personally, I don’t want to heal my wounds. You may think you’ve escaped the pain and forgotten it, but that’s nothing more than stagnation. You can’t move forward without the pain."

"When something is truly lost, one can never get it back again" 


" Only two kinds of people exist in this world: those who steal…and those who are stolen from. So then, today I just stole your future. That's all."

"I am a human being, Sebastian. Do not-arrogant people exist?"


"I ... humiliated as a pet ... my house was burn, my family was killed. I was such a ... powerless kid. Therefore, I returned to this place in order to make those people who put me through such fate taste the same humiliation. The successors of the generations killed tree years prior would come to me as long as I am the head of the Phantomhive family that stands in their way. I'm waiting ... for them to come and try to kill me here"

Anime ini pertama-tama diambil dari manganya, dan dijadiin drama musikal juga lho :D
Gw sukaa banget sama soundtracksnya, dan ada beberapa yang pake bahasa latin. Berkat Anime ini juga, gw jadi tau beberapa lagu klasik kayak "Tom the Piper's Son" dan "London Bridge is Falling Down"
nah gw mau kasih liat lirik lagu yang menurut gw agak miris maknanya, judulnya "Si Deus Me Relinquit" yang artinya sesuai judul post ini.

Kayak gini liriknya :

Versi Latin :                                                      Versi Inggris :
Si deus me relinquit,
Ego deum relinquo.
If God has forsaken me,
Then I shall forsake God, too.
Solus oppressus nigram clavem habere potestOnly the oppressed may possess a black key
Omnias ianuas praecludo,
Sic omnias precationes obsigno
I close all doors,
Thus I seal away all prayers
Sed,
Qui me defendet
Ab me terribilissimo ipse?
However,
Who protects me
From the me who is most terrible ?


dan satu lagi, intronya "The Dark Crow Smiles"

Agnus Dei
Qui tollis peccata mundi
Qui pius protho plaustisanet ut actus
Misere nobis

artinya :

Lamb of God
You who take away the sins of the world;
You who is holy and accomplished
Have mercy on us

using Christian Prayer for Demon theme song, haha :) 

dan ada versi kalo kedua lagu ini digabungin, judulnya "Nigram Clavem" yang artinya "The Black Key"


No comments:

Post a Comment