Wednesday 26 February 2014

First Interview!

Gw habis bangga sama diri gw sendiri :))

jadi gini ceritanya,

Percaya atau nggak, selama 19 tahun ini gw gapernah ngalamin diinterview buat masuk sebuah kepanitiaan, karena alesannya gw takut gabisa jawab pertanyaannya, dan liat akibatnya sekarang. Jadi gw harus pernah merasakan itu. Karena menurut gw gimana bisa gw diinterview buat masuk kerja ntar kalo buat diinterview kepanitiaan aja ngga pernah,

Daan inilah pengalaman interview pertama gw.

Gw mendaftar sebagai panitia Miss UMN 2014 di bagian Program. Ngga tau diri banget kan, udah jarang ikut kepanitiaan, sekalinya daftar ke divisi dimana gw harus bertanggung jawab penuh dari awal sampe akhir acara.
Tapii, karena kebanyakan divisi lain terdapat kriteria yang ngga bisa gw penuhin tapi tetep pingin ngotot, hajar aja. Yang penting nyoba!
Hari Selasanya, gw, Yudit sama Matthew nyerahin form pendaftaran ke panitia, sayangnya mereka daftar di divisi yang beda.
Dari tahap pengumpulan formulir ada lagi tahap wawancara. Hari Selasa malem diinformasikan bahwa gw lolos tahap wawancara, tapi besoknya, langsung. :'|
Panik kan gw, mana belom siap mental dan jawaban yang mau disiapin kalo ditanya sama panitia entar, dan hari itu juga ada tugas agama yang mau gw kumpul, meskipun deadlinenya masih minggu depannya lagi sih.
Tapi konsekuensi udah daftar, gw harus bisa selesaiin keduanya.
Selesai kerjain tugas jam 1 malem, baru gw mulai tanya jawab ke otak sendiri. Sebenernya gw mau masuk panitia ini kenapa sih, gimana kalo gini, gimana kalo gitu. Gw juga ngepo rundown acara Miss Umn 2013 kemarin.
Mungkin buat orang yang ngomongnya bisa ceplas-ceplos, diinterview itu hal yang sepele, karena mereka bisa secara langsung ngomong apa yang ada di otak ke orang-orang. Tapi gw itu orangnya sangat pemikir, gw bener-bener mencanangkan "berpikir sebelum bicara" waktu berkomunikasi, yang kadang endingnya gw cuma keluarin 50% dari yang pingin gw omongin. Karena itu adalah kekurangan gw, gw harus bikin list apa aja yang ada di pikiran gw sebagai ambisi buat daftar panitia ini.

Hari H pun tiba, tarakdungcess

Seperti yang sudah diduga, GW GROGI, BANGEET, CUY INI INTERVIEW PERTAMA GW CUUY

udh gitu gw nunggu sendirian karena ngga ada yang gw kenal, Yudit sama Matthew baru interview besoknya. Gw cuma bisa Salam Maria, serius. yang lain dengan santainya baca buku, main laptop, ketawa ketiwi sama temennya, dan gw cuma bisa tanya jawab sama otak sendiri.
Ketegangan gw bertambah ketika peserta pertama keluar dan : Nangis.
pingin nanya ditanya apa kok nangis gitu kesannya kepo banget.
Dan gw pun mulai mikir yang aneh-aneh.

Jangan-jangan gw sengaja ikut interview ini biar gw kapok daftar panitia lagi
Jangan-jangan baru masuk gw udah ditanya rundown acara dari awal sampe abis
Jangan-jangan gw disuru pidato
Jangan-jangan gw disuru kasih solusi buat permasalahan yg lg ada sekarang di Indonesia karena gw sangat enggak update berita.

Dan dalem hati gw juga mikir, ga telat kan kalo gw kabur aja sekarang..?
Tapi lagi-lagi gw menghibur diri gw sendiri. Kasian ye galau sendiri hibur diri sendiri.
Lo kayak gini aja mundur
Gimana Presiden yang diinterview sama rakyat-rakyat Indo
Gimana Miss Indonesia yang diinterview sama juri-juri dan ditonton sama jutaan orang
Gimana orang kerja yang sering ditolak lamarannya tapi tetep berusaha diinterview berkali-kali

Lo cuma mau daftar panitia di kampus lu sendiri doang lu ciut? HA? *ngomelin diri sendiri* *part 2*
(Iye, gw emang lebay banget, but it works hehe)

Lalu nama gw dipanggil..
Gw duduk diantara kalo ngga salah 7 senior dan 2 senior lagi buat dokumentasi
Gw udah sangat amat pasrah dan tau-tau ada senior yang bilang..

"Kamu dari Jogja ya? Aku juga dari Stece!"
Ternyata ada kakak kelas dari Stece yang interview gua aaaaaakkkk :"")))))))

dan gatau kenapa, meskipun wawancara belum dimulai gw sangat amat lebih rileks dibanding sebelumnya,
ternyata kakak-kakaknya baik, ramah dan sangat menghargai sama jawaban gw.
meskipun suara gw tetep gemeter x)
Ternyata setelah selesai wawancara pun, ada kakak kelas gw juga yang dulu di Sanur :))
hahaha gatau kenapa tapi gw seneng banget karena ternyata ketegangan interviewnya sangat jauh dari yang gw ekspetasikan.

Entah kebetulan atau gimana, gw ngebayangin kalo gw daftar di divisi yang beda, mungkin gw gak akan kenal kakak kelas gw ini :))
Tapi gw juga harus mempersiapkan mental gw sewktu-waktu diinterview sama orang yang ngga tau latar belakang gw. Gw pasti akan menjalani itu suatu saat nanti :))

Dan sesudah diwawancara tadi,
gw bener-bener cengar cengir sendiri sampe turun tangga, campur lutut yang lemes sampe gw mau jatoh dari tangga.
bukan karena gw bangga sama jawaban-jawaban gw tadi, gw sendiri mengakui jawaban gw sangat kaku dan nervous hahaha, selesai wawancara pun ada beberapa pertanyaan yang gw nyesel karena dijawab dengan singkat sanking groginya.
tapi karena gw bangga gw berhasil buat berani ngalamin ini.

takut sih, tapi diberani-beraniin.

Dan sama sekali ngga masalah kalo gw ngga keterima jadi panitia entar, karena gw yakin pasti banyak mahasiswa yang lebih meyakinkan dari gw motivasinya.

Moral valuenya, kalo kita ngga pernah nyoba, kita ngga bakal pernah tau :)

No comments:

Post a Comment