Monday 3 June 2013

Dari Adaptasi sampai Angkat Kaki

Sebelum taun 2012 ditutup, tanggal 28 Desember tepatnya, tanggul asrama jebol dan Asrama Samirono yang letaknya PAS banget disebelah sungai, kebanjiran.

Saat itu, kita semua lagi di rumah masing-masing karena itu masih masa Liburan Natal, kecuali suster sama karyawan, suster aja lagi nggak di asrama saat itu.

Asrama gw emang sering banjir, seriing banget. Dari gw kelas 10 sampe 12, banjir tu udah kayak tradisi tiap ujan turun.

Barang-barang kita hampir semuanya hanyut, karena lemari aja rubuh sama airnya, otomatis barang-barang yang ada di dalemnya pun nggak selamat.

Gw pertama kali tau lewat timeline, asrama gw kece punya twitter wkwk.

Jujur pas Nadia (ketua asrama) ngabarin tentang asrama yangkena banjir itu, gw masih nganggepnya biasa.

“Oalah..ya udah entar balik Jogja bersih-bersih bentar” kata gw dalem ati.

Tapi begitu liat foto-fotonya, sampe masuk berita, sampe ada tentara jaga depan asrama, sampe guru-guru Stece dateng bantu kerja bakti. Pas itu juga gw nangis, speechless dulu malah.
Karena udah terlanjur pesen tiket tanggal 7 Januari (pesen tiketnya sebelum banjir), gw balik disaat kebanyakan anak asrama udah pada balik kesana.
Gw nyampe malem. Dan tujuan bukan ke asrama Samirono tapi ke Asrama Syantikara.
Jadi Asrama Syantikara sama Asrama Samirono letaknya bersebrangan gitu, ada pintu tembusnya. (Asrama Syantikara itu asrama mahasiswi, biasanya anak UGM gitu)
Awalnya gw kira ngungsi itu gampang, ternyata enggaaaak sama sekali.
Dateng-dateng gw harus pungutin barang-barang gw yang kebanjiran di Asrama Samirono, dan ngambil baju yang di laundry secara massal, jadi kita harus nyari baju-baju kita di antara tumpukan atau timbunan lebih tepatnya.
Untungnya, buku-buku gw letakin di lemari aula, dan itu selamat semua. Puji Tuhan banget. Soalnya temen-temen gw kebanyakan buku-bukunya hanyut. Padahal udah kelas 12 dan itu mau UAN.
Adaptasi gw sebagai pengungsi di Asrama Syantikara itu LEBIH SUSAH dibandingin pas gw awal kelas 10. Temen-temen juga ngerasain demikian.
Minggu-minggu pertama masih sediiihhhhh banget rasanya, kesel, kecewa, capek, sempit. Sampe gw pernah nangis sebelum tidur sanking ngga betahnya, padahal dulu kelas 10 ga pernah gw nangis karena ngga betah.
Sebagian temen-temen dan adik kelas kebanyakan memutuskan buat ngekost atau tinggal di tempat kerabatnya. Tadinya gw sama yang lain pun sempet terlintas juga buat nge kost, tapi banyak pertimbangan sampe akhirnya kita mutusin “ayo kita survive sampe kita terima ijazah disini”
Asrama yang tadinya terdiri dari 18 unit dibagi jadi 3 bagian di Asrama Syantikara. Ruang biru, merah, dan hijau. Unit gw dapet di ruang merah.


Bukan masa yang gampang sampe gw bisa betah banget di Syantikara, apalagi gw orangnya tertutup dan nggak begitu suka curhat ke orang tua, jadi gw pendem aja dan sharing ke sesama temen yang ngerasain hal yang sama. Alesannya sederhana, karena pasti kita saling ngerti dan saling support. Yaa kadang sebagai anak perantauan, gw Cuma bisa nyeritain masa-masa menyenangkan ke keluarga, sisanya dipendem dewe.

Oh iya, soal ruang gw, ruang merah. ruang merah terdiri dari Unit 7-12, Entah ditakdirkan atau gimana, anak kelas 12 di ruang merah itu kalong dan gila semua-_-
Disaat TO ke 3, berawal dari joget-joget sederhana sebanyak 5 orang di teras ruang merah, lama-lama satu ruang merah kelas 12 disco time -__-
Disaat ruang lain jam 5 pagi pada bangun dan ngantri kamar mandi, jadi jam 6 keatas kamar mandi udah mulai sepi, kalo ruang merah jam 5 pagi kamar mandi pada sepi begitu jam 6 keatas baru pada keluar -__-
Dan di ruang merah itu ada teras, yg pemandangan luarnya taman, beda sama ruang hijau dan biru yang pemandangan luarnya tembok. Gak heran kalo ruang merah seringkali jadi tempat persekutuan rumpi sampe subuh, udah tau kalo tidur subuh bangunnya susah ngikutin pelajaran di sekolah karena ngantuk, teteeup aja dijalanin hadeh hadeeh.
Masa-masa tryout pun kita jalanin bareng, setiap jam 9 malem kelas 12 kumpul di ruang doa buat Novena, kalo besoknya tryout suster nyediain snack buat dimakan bareng-bareng. Ya seru lah pokoknya.

Mungkin kalo gw ngejalanin ini di rumah, gw gak bakal setekun sekarang.
Dulu tuh yaa jaman SMP gw males-malesan banget. Belajar baru setengah jam aja udah nonton TV,ngeles musti dipaksa-paksa, di sekolah kerjaannya teler.
Kalo sekarang (ya teler di sekolah masih sih) kesadaran gw buat belajar tinggi sekale. Ya secara di asrama tidak diperbolehkan nonton TV, satu-satunya hiburan ya ngobrol sama temen-temen seasrama J)

UAN pun berlangsung, sayangnya dua anak asrama gak bisa ngikutin UAN bareng karena mereka harus dirawat di rumah sakit. Laras DB, Veli ada infeksi sama ususnya.
Lucunya, Suster Yus ngebolehin anak luar asrama (kost) dan anak-anak yang dulu di asrama tapi udah pada keluar, buat nginep di asrama yang sekarang dan berangkat bareng. Oh iya, sejak kita ngungsi di Asrama Syantikara, kita sering banget naik kopata, berhubung juga abang becak di sekitar sekolah yang semakin hari semakin sombong, KOPATA CUMA 1000 CUYY.
Kita juga dikasih asupan gizi yang beda banget dari hari-hari biasa pas UAN, gw sampe terharu wkwkw.
.....
Daan kegilaan kegilaan lainnya.
Gak kerasa, besok gw akan meninggalkan Gedung kecil atau tepatnya rumah kecil di Asrama Syantikara ini, dan ninggalin Asrama Samirono yang sedang dalam masa pembangunan.
Padahal ya, gw udah nikmatin setiap detik perjuangan, pengalaman-pengalaman gw selama di Jogja.
Ha lha ya tapi tetep sedih tu lho :’(
Salah satu hal yang gw sedang berusaha sadarin diri sendiri “Lin, masa SMA lo emang udah selesai,  let’s move forward to another treasure”.
Tapi atu atuuttt
Temen-temen gw mungkin sedang mengalami fase yang sama, galau kuliah. Gw juga sih ehehehehe.
Takut pilihannya salah, ga sesuai sama passion, ga sesuai sama pilihan orang tua, banyak pertimbangan dari sana-sini, yang kalo makin dipikirin makin ruwettt.
Tapi gw rasa emang anak SMA harus ngalamin fase kayak gitu, bisa dibilang kita juga lagi belajar menyeleksi pilihan mana yang terbaik buat hidup kita karena kita sendiri yang nantinya ngejalananin pilihan kita sendiri. Enggak semua orang yang ngalamin ini sih, tapi kuliah itu langkah awal buat kita kedepannya, buat cari uang yg bener-bener dimulai dari 0
Oya, terinspirasi dari tweetnya kak Jonathan End :
                “Dulu, berusaha keluar dari zona nyaman dengan nekat kerja di Singapur. 2 tahun kemudian keluar lagi dari zona nyaman buat balik ke Indo”
                Setelah tweet itu gw balikin ke diri gw sendiri, emang bener gw tuh udah nyaman banget bangettt di Jogja, tapi hidup itu kan gak cuma cari kenyamanan hehehe. Pada akhirnya, kenyamanan itu balik ke diri kita sendiri yang harusnya mampu beradaptasi di manapun, namanya juga manusia hehee.
                Nah, kalo gw..Dulu, berusaha keluar dari zona nyaman dengan nekat sekolah di Jogja. 3 tahun kemudian keluar lagi dari zona nyaman buat balik ke Serpong. Semoga nemu petualangan baru lagi J
                Kemarin, tanggal 1 Juni 2013 gw dan angkatan SMA Stella Duce 1 Yogyakarta resmi meninggalkan bangku SMA.
Terimakasih banyak Sr.Yustisia CB, kepala Asrama Samirono yang dengan amat sangat super sabar membimbing angkatan saya yang dari tahun ke tahun ditempa sama berbagai hal haha, dari banjir bandang, Merapi meletus, angin puting beliung, forum dari kakak kelas, dan kejadian-kejadian tidak mengenakkan lainnya.
Terimakasih banyak Asrama Samirono dan seluruh penghuni-penghuninya yang telah mengajarkan saya berlembar-lembar hal yang penting dalam hidup ini.
Terimakasih Asrama Syantikara, tempat yang telah menampung pengungsi banjir selama hampir 6 bulan ini. Gedung ini memberi arti yang sangat besar terutama kekompakan kita satu sama lain, kemampuan adaptasi yang singkat, bisa bangkit dan merelakan barang-barang yang hanyut kebawa banjir, dan masih banyak lagi.
Terimakasih guru-guru saya di SMA Stella Duce 1, saya bangga dan berterimakasih pernah diajarkan bapak-ibu guru :”) terutama Pak Joko yang namanya berubah jadi Pak Doyok gara-gara gw bilang mirip wkwkk peace pak.
Terimakasih teman-teman saya selama di SMA Stella Duce 1 baik yang sekarang masih deket atau udah gak begitu deket lagi, karena udah mewarnai masa SMA saya :D Bella, temen gw 3 tahun yang sering gw tebengin naik motor dan gw korupsi bekalnya, sering bangunin gw kalo ketiduran di kelas, haha makasi banyak semuanya :D
Terimakasih, guru-guru les tetap saya selama di Jogja, Mbak Inti, Mbak Krist, Kak Yoyo dan Ko Sam. Mereka guru les terbaik yang pernah gw tau.
Terimakasih Pak Yanto, Pak Ucup, Pak Mardi, Bu Yanti dan lain lain atas pengabdiannya sebagai karyawan-karyawati di Asrama Samirono, yang selalu membantu kita dalam situasi apapun.
                Terakhir, terimakasih, Yogyakarta. Selama 3 tahun ini saya diijinkan dan diberi kenangan indah dengan memiliki ‘rumah’ disini. J
Gowes bareng, ujan-ujanan, angkringan, becak, kopata, beverly, warung agus, tugu, artemy, malioboro, kaliurang, sabirin, togamas, social agency, pancom, kotabaru, nasgor padma, genter, mirota, raminten, alun-alun, ngungsi bareng, jogging di UGM, sunmor, ekm, galeria, amplas, sagan, nologaten, cendrawasih, gejayan, pringwulung, hyperbox, hahaha iya lagi random banget inih.

Gw akan meninggalkan kota ini dengan kesedihan, tapi akan mengingat segala kenangan di kota ini dengan senyuman. Senyum yang lebaarrrrr :D
Dah, Jogja! :’)

Olin, 4 Juni 2013

Asrama Syantikara, Yogyakarta.

No comments:

Post a Comment